Pengertian dan Sejarah Sistem Operasi Android

Android, siapa yang tidak kenal dengan sistem operasi ini? Dari sejak awal kemunculannya, android langsung melesat maju hingga mengalahkan sistem operasi symbian yang dikembangkan oleh Nokia pada saat itu. Hingga akhirnya, sistem operasi besutan Google itu menjadi sistem operasi paling populer pada saat ini.

Pengertian dan Sejarah Android
Bicara soal Android, apakah anda tahu tentang sejarah perkembangan Android? Jika belum, maka anda akan menpatkannya disini karena pada kesempatan kali ini, Droidnesia akan memberikan artikel tentang sejarah android.


Sejarah Android

Android merupakan sistem operasi pada smartphone dan tablet PC yang dikembangkan oleh raksasa internet dunia, Google. Saat ini android telah merajai pangsa pasar ponsel dunia dan mematahkan dominasi Nokia yang telah merajai pasar ponsel dunia dalam beberapa dekade terakhir. Perkembangan android dimulai pada Oktober 2003, pada saat itu, Android Inc. didirikan di Palo Alto, California, USA. Tahukah anda siapakah para pendiri Android ini? Mereka adalah Andy Rubin, Rick Miner, Nick Sears, dan Chris White.

Kemudian pada 5 November 2007, sebuah konsorium yang terdiri dari beberapa perusahaan (seperti Intel, Nvdia, dan Texas Instrument) membentuk Open Handset Alliance, bekerjasama dengan Google yang mengembangkan sistem operasi Android dan resmi menjadi sebuah OS Opensource.

Pada 12 November 2007, Android beta SDK di rilis pertam kali. Lalu pada 23 September 2008, HTC mengeluarkan ponsel dengan sistem operasi Android yang pertama dalam sejarah dengan menggunakan sistem android v1.0. Fitur-fitur yang ada pada Android v1.0 ini antara lain:

  1. Integerasi dengan Google Services
  2. Multi tasking, chatting, Wi-fi, bluetooth
  3. Dukungan download dan update aplikasi di Android market
  4. Web Browser untuk menampilkan, memperbesar, multiple-page halaman web, dan dukungan penuh HTML dan XHTML
Kemudian pada tanggal 9 Februari 2009 sistem android di Update menjadi versi Android 1.1 namun hanya untuk T-mobile G1. Tak lama berselang, tepatnya tanggal 30 April 2009, Android Cupcake dirilis berdasarkan kernel Linux 2.6.27. Pada android 1.5 ini, ada beberapa fitur tambahan, antara lain:
  1. Dilengkapi dengan kamera dan Capture image.
  2. Pencarian lokasi dengan GPS semakin cepat
  3. Adanya dukungan layar sentuh.
  4. Fitur upload video ke youtube dan picasa.
Setelah itu, sistem android selalu di update hingga saat ini versi yang terbaru sudah mencapai versi 4.4 yaitu android KitKat. Sampai disini dulu mungkin perjumpaan kita, di lain kesempatan akan kami sajikan artikel yang lebih menarik lagi. Terimakasih.

Baca Artikel Seputar Gadget :